iklan

Yang Putih Dari Juah, Air Terjun Liawan

Air Terjun Liawan merupakan objek wiasata di Sulawesi Barat yang sangat layak untuk dikunjungi. Air terjun ini terletak di Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa (sekitar 1.8 KM dari pusat kota Sumarorong ke arah sebelah timur), Popinsi Sulawesi Barat, berjarak sekitar 6KM dari jalan poros Mamasa – Polewali.



Wilayah Kabupaten Mamasa berada di atas pegunungan yang masih hijau. Beberapa suku terkenal juga tinggal di kawasan itu, di antaranya suku Toraja, Mandar, Bugis, dan Makassar. Daerah yang luasnya mencapai 2.759,23 km2 itu ternyata menyimpan potensi wisata yang menggiurkan termasuk Objek Wisata Air terjun Liawan.

Dari kejauhan pengunjung akan melihat seperti suatu aliran berwarna putih yang terus mengalir membelah kehijauan pepohonan di sekitarnya, membuat Anda segera bergegas seolah tidak sabar merasakan kesegaran dan kesejukan air terjun Liawan.

Dan benar, begitu Anda tiba di hadapan air terjun yang ternyata besar dan luas, maka percikan-percikan air terjun yang membentur danau dan batu di bawahnya, memberikan percikan kesegaran bagi Anda. Ada bisa puas berenang atau sekedar mandi, menikmati kesegaran sang air. Atau Anda sekedar ingin mencoba melompat dari atas tebing air terjun, menghujam deras menembus kumpulan air di bawahnya.  Dan dari jarak masih relatif cukup jauh, pengunjung sudah bisa merasakan kesejukan dari percikan-percikan halus bak embun dari Air Terjun ini.

Lokasi di sekitar air terjun Liawan ini tidak hanya sekedar menikmati air terjun. pengunjung pun dapat menikmati saat santai dan tenang bersama keluarga atau teman-teman, karena di dekat air terjun ada beberapa bangunan seperti dangau tempat duduk-duduk dan bersantai, sambil menikmati suasana alamnya yang hijau dan menyegarkan.

Kalau mau menginap, di lokasi ini juga ada 5 bangunan pondok penginapan, apalagi jika Anda mengadakan acara kolektif seperti api unggun, outbound, retreat atau acara lainnya yang membutuhkan pengenalan dan persahabatan dengan alam.

bagi anda yang ingin bertandang ke Sumarorong, Sebagai informasi udara di Sumarorong cukup dingin, karena berada  pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara sekitar 17 derajat celcius. Karcis masuk ke lokasi ini adalah Rp. 3.000/orang/satu kali kunjungan.

Untuk mencapai Mamasa-Sumarorong ini, Anda dapat menggunakan kendaraan umum (bus/minibus/panther), bisa dari Mamuju, ibu kota propinsi Sulawesi Barat, atau melalui Makassar, Sulawesi Selatan. Jaraknya hampir sama, ditempuh sekitar 10 jam, biaya kendaraan pun sama sekitar Rp. 100.000,-. Jadi, jangan lewatkan kesegaran air terjun Liawan saat Anda berkunjung ke Sulawesi Barat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Putih Dari Juah, Air Terjun Liawan"

Post a Comment