iklan

Perairan Majene dan Peristiwa Tragis Kecelakaan Transportasi

Perairan Majene Sulawesi Barat sudah lama dikenal sebagai wilayah perairan yang angker. Hal ini pun dihubungkan dengan banyaknya peristiwa tragis yang pernah terjadi di wilayah ini.

Adapaun peristiwa tragis berupa kecelakaan transpotasi yang pernah terjadi di antaranya seperti tenggelamnya KM Mutiara Indah, KM Fajar Mas, KM Teratai Perima dan paling menggemparkan jagad transportasi udara beberapa tahun yang lalu adalah hilangnya pesawat Adam Air.

ilustrasi

Memang sejak dahulu perairan di mana banyak terjadi peristiwa seperti yang disebut di atas telah menjadi momok menakutkan bagi pelaut Bugis-Makassar dan Mandar yang melintasi daerah ini.

Dikabarkan, jika melintasi perairan Majene ini, harus ada ritual khusus yang dilakukan, terutama jika dalam perjalanan menuju Kalimantan.

Para awak kapal dan kalangan pelayaran yang sudah paham lokasi ini, biasanya melakukan ritual dengan melarung baki berisi hidangan ketan dan telur. Ini semacam persembahan atau semacam “izin” lewat kepada penguasa laut.

Menurut cerita rakyat yang berkembang, mereka yang tidak melakukan ritual seperti itu tidak jarang mengalami nasib naas. Wallahu A'lam.

Sumber: Kareba1.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Perairan Majene dan Peristiwa Tragis Kecelakaan Transportasi"

  1. thank infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2MDy4mT

    ReplyDelete