iklan

Air Terjun Sambabo Dan Cerita Burung Raksasa Sang Penjelajah

Air Terjun Sambabo berada di Desa Ulumambi, Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 10 km dari pusat kota Mamasa.

Air terjun Sambabo adalah sebuah tempat Wisata yang sangat menyenangkan karena udaranya yang sejuk dengan suara gemuruh air yang terjun dari ketinggian kurang lebih 400 m dan airnya yang dingin. Ini akan membuat Anda betah untuk terus berada di Tempat Wisata tersebut.



Untuk mencapai Air Terjun Sambabo, pertama Anda harus melewati jembatan gantung, ini tentu akan menjadi sesasi terpisah, kemudian naik lembah sekitar 500 meter, dan Anda juga akan melewati perkebunan kopi dan kakao.

Keindahan Air Terjun Sambabo tidak hanya berpusat di Air Terjun Sambabo saja, alam sekelilingnya pun menarik karena terpampang lereng pegunungan dan berada di antara batu-batu besar, juga dihiasi dekorasi hutan alami yang mengelilingi air terjun. Seperti halnya tempat-tempat lainnya di Indonesia yang mempunyai cerita mitos, Di balik keindahannya, Air Terjun Sambabo ini ternyata memiliki cerita legenda yang unik.

Konon di air terjun itu dihuni oleh seekor burung raksasa yang tidak diketahui jenisnya apa. Bulunya sendiri digambarkan seperti plastik yang air pun tak dapat tembus. Burung ini berada di belakang air terjun dalam gua. Burung ini tak seperti burung pada umumnya yang terbang berkeliaran, karena hanya keluar pada musim kemarau dengan suara yang keras dan aneh. Nah, bagi siapapun yang bisa mendengar dan melihatnya, maka akan mendapat peruntungan. Bagi yang memiliki usaha akan berhasil, bagi yang lajang akan segera menemukan jodohnya, bagi yang sakit akan segera sembuh dari penyakitnya.

Burung ini konon menjelajah ke setiap kampung-kampung di sekitar wilayah air terjun. Tidak hanya itu, burung raksasa ini pun terbang sampai ke Pantai Barat Selat Makassar. Lantaran suka menjelajah itulah, masyarakat lokal menyebutnya dengan “Samba Botto” atau “Sambabo” atau wilayah yang luas artinya dan yang kini menjadi nama air terjun tersebut.

Bagi Anda yang berasal dari luar Sulawesi Barat dan ingin mengunjungi objek wisata ini, untuk sampai ke Air Terjun Sambabo, akses termudah adalah dari Makassar Sulawesi Selatan. Ada transportasi pesawat dari Makassar ke Bandara Tampa Padang Mamuju. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan ke Mamasa melalui jalur Mamuju Aralle dengan menggunakan mobil sewaan atau angkutan umum. Sesampai di Mambi salah satu kota kecamatan di kabupaten Mamasa, disarankan istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Bambang tempat di mana obyek wisata Air Terjun Sambabo berada. Di Kota Mamasa sendiri yang masih harus ditempuh sekitar dua jam perjalanan, banyak fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan, dari hotel, penginapan, restoran, pusat oleh-oleh sampai rental mobil.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Sambabo Dan Cerita Burung Raksasa Sang Penjelajah"

Post a Comment