iklan

Waspada! BNPB Sebut Awal Tahun Ini Ada Peningkatan Bencana

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan terjadinya peningkatan bencana alam pada tahun 2017. Pada awal tahun tercatat ada 303 bencana alam yang terjadi.


"Dibanding tahun 2015 yang ada 1.732 kali bencana, pada awal tahun ini ada peningkatan tren bencana yang terjadi," kata Kepala BNPB Willem Rampangilei di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, sebagaimana dilansir detik.com, Rabu (22/2/2017).

Sementara itu, bencana alam yang terjadi pada tahun 2016 berdampak pada ribuan orang yang harus mengungsi.

"Untuk banjir misalnya. Selama 2016 terjadi 775 kali banjir, yang menyebabkan 147 jiwa meninggal, 1.406 jiwa terluka, serta 2,84 juta jiwa mengungsi dan menderita," papar Willem.

Tak hanya itu, bencana alam pada tahun lalu juga menyebabkan kerusakan pada 48 ribu rumah, 1.485 fasilitas pendidikan, 232 fasilitas kesehatan, dan 606 fasilitas peribadatan.

"Daerah rawan banjir juga meluas, seperti kejadian banjir besar yang sebelumnya tidak pernah terjadi di Garut, Pangkalpinang, Kota Bandung, dan Bima," sebutnya.

Willem mengakui, selama ini mitigasi bencana yang dilakukan, baik struktural maupun nonstruktural, belum memadai sehingga perlu ditingkatkan untuk menanggulangi bencana. Salah satunya dengan menjauhkan permukiman masyarakat dari wilayah bencana.

"Kita coba menjauhkan masyarakat dari bencana, yakni dengan merelokasi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana ke daerah lain salah satu modelnya di Kabupaten Bojonegoro," ujarnya.
(adf/fdn)

lihat artikel asli

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! BNPB Sebut Awal Tahun Ini Ada Peningkatan Bencana"

Post a Comment