iklan

Jasad Jong-Nam Kemungkinan Ditukar Dengan 9 Tahanan

Pemerintah Malaysia mempertimbangkan kemungkinan untuk menyerahkan jenazah Kim Jong-Nam ke otoritas Korea Utara (Korut) demi membebaskan 9 warganya yang hingga kini masih dilarang otoritas Kurut untuk meninggalkan negara tersebut.

"Kita mempertimbangkan segala kemungkinan," jawab Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid saat ditanya apakah Malaysia akan mempertimbangkan langkah semacam itu, seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, dikutip dari detik.com, Rabu (15/3/2017).


Ahmad Zahid berbicara kepada wartawan setempat, usai menghadiri peluncuran fasilitas VIP baru di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

Korut sendiri selama ini meminta agar jenazah Jong-Nam diserahkan kepada mereka, namun ditolak Malaysia.

Sebelumnya 11 warga Malaysia dilarang meninggalkan Korut, dua orang di antaranya yang merupakan staf Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah diperbolehkan terbang ke Beijing, China. Tersisalah 9 warga Malaysia di Pyongyang, yang terdiri dari tiga staf diplomatik dan enam anggota keluarga mereka.

Hubungan diplomatik antara Malaysia dengan Korut memanas di tengah penyelidikan kasus pembunuhan Jong-Nam. Korut menuding Malaysia bersekongkol dengan musuh dalam penyelidikan kasus itu. Malaysia yang marah akhirnya mengusir Duta Besar Korut Kang Chol dari Kuala Lumpur.

Sebagai balasan, Korut kemudian menetapkan larangan sementara bagi seluruh warga Malaysia untuk meninggalkan wilayahnya. Hal ini mendorong Malaysia untuk memberlakukan larangan yang sama bagi seluruh warga Korut di wilayahnya, yang dilaporkan mencapai 315 orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jasad Jong-Nam Kemungkinan Ditukar Dengan 9 Tahanan "

Post a Comment